Home > Web > bikin CV kamu di Web

bikin CV kamu di Web

Kemaren saya ada kelas di LPKIA, tepatnya dimatakuliah “pemrograman web”… ironis sekali (atau kebetulan sekali)… seperti biasa.. dikantor saya ngoding, malemnya ngajarin orang buat ngoding… dan karena kerjaan sampingan saya ini, saya nggak bisa ikut nomat bareng temen sekantor. Mereka nomat Die Hard 4.0 gitu, tapi gak apa2 juga sih coz waktu hari rabu nya saya udah nonton di BIP. Filmnya tob banget deh.

Balik lagi ke waktu ngajar tadi… saya ngasih tugas ke anak – anak (seperti saya sudah tua saja V___V ) buat bikin website berbasis MySQL – PHP. Tugas ini dikategorikan sebagai tugas besar dan akan dijadikan tambahan untuk nilai mereka… plus ada tambahan juga sih.. sebagai appreciate / penghargaan dari hasil karya mereka, saya janjikan untuk publish (online) kan tiap2 Web Terbaik dari tiap – tiap kelas yang saya ajarkan.. Rencananya mau ditaruh dihostingan saya ini. Untuk nambah motivasi aja sih, Untuk nambah semangat. biar mereka serius ngerjainnya.

Saya jadi inget dulu waktu saya ngelamar kerja ke i-moov (kantor saya sekarang) untuk posisi web programmer, saya ditanya beberapa pertanyaan berikut:

  • apakah pernah mempunyai webblog/website??
  • apakah pernah membuat sebuah website?
  • kalau pernah, apakah dipublish dan dimana alamatnya??

Saya setuju dengan tulisan bapak Budi Rahardjo yang menuliskan tentang kita bisa membangun CV (Curiculum Vitae) kita di web. Alasannya simple, saat ini orang banyak ingin tau sesuatu selalu mencari lewat web melalu search engine yg ada baik itu Google, Yahoo, dll… nah.. keren kan kalau kita mau ngelamar kerja, trus waktu dinterview mau tau lebih banyak tentang diri kita, kita tinggal bilang:

“silahkan masuk ke google.com dan masukkan kata kuncinya adalah nama saya”…

(mudah2an hasil pencarian yang keluar yang baik2nya ya…, makanya bangunlah image positif anda di Web).

Alasan lain adalah agar web yang dibuat bisa online diinternet sebagai bahan portofolio. Dulu saya masih lulusan D3 dan beberapa web yang saya bikin saya paksain di upload di hostingan gratisan… tapi alhasil jadi punya lumayan portofolio dan bisa jadi bahan pertimbangan waktu proses seleksi penerimaan kerja… Hmm.. mulai lagi ah.. bikin image & portofolio positif di web.
Semoga bermanfaat….!!

Categories: Web
  1. July 17, 2007 at 8:02 pm

    iya fan..ati2 kalo bikin blog…paman google juga salah search tuh. aq pernah nulis pengalaman first love. pas aq serach di google pake nama aq. salah satu yg keluar link berbau porno. itu karena di blog aq ada kata2 “cewek”. hehehe. lsg aq hapus post ttg itu.

  2. July 18, 2007 at 9:19 am

    haha… bener banget. jadi seharusnya memang kita harus bikin image positiv di web ya di… ^___^

  3. riesoft
    August 7, 2007 at 3:24 am

    wah fan., kmu semakin tua aja..dewasa maksudnya?! hehehe

    sukses terus fan., udh jadi presiden inget ke anak buah ya! huehue

  4. prof
    August 18, 2007 at 12:10 pm

    pak irfan…..
    tugas rada nyantai ya bos….

  5. qahar
    August 24, 2008 at 9:54 am

    Salam kenal,
    menarik juga, apalagi sekarang ada webblog. ga hanya portofolio, tapi juga bisa interaksi dengan pengunjung. kalau ga salah itu namanya web 2 kan bang Irfan?

  6. August 29, 2008 at 8:11 am

    salam kenal jg Qahar.

    web 2.0 itu… um…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: