Home > Web > XHTML Validator Lokal buat para web developer

XHTML Validator Lokal buat para web developer

Ceritanya lagi in progress waktu ngerjain websitenya Tabloid Computer News (http://www.tabloidcomputernews.com). Nah, dalam tahap pembuatan website kali ini saya kepingin supaya website saya ini sudah valid XHTML sesuai standar dari W3C. Buat yg belum tau apa itu XHTML standar dan w3C bisa menuju kesini. Nah, w3c telah menyediakan web untuk mengecek apakah website yang ada sudah valid/belum. Alamat validatornya ada disini http://validator.w3.org/

Waktu ngoding, tentu saja kita ngoding lokal alias dikomputer sendiri yg tidak terhubung dengan jaringan internet supaya bisa lebih cepat. Nah, buat rekan2 yang mau ngecek apakah kodingan yang di komputer lokal sudah valid atau belum XHTMLnya, kita bisa menggunakan AddOns dari Firefox yang bernama HTML Validator. Yang mau download bisa menuju kesini: http://users.skynet.be/mgueury/mozilla/download.html . Linknya saya dapet dari si dimas “blekok” yg juga programmer web di kant0r. Sebenerna w3c juga menyediakan library yg bisa didownload dan kita install untuk ngecek valid/tidaknya sebuah website. Tapi setelah saya baca2 kok agak ribet ya? hehe, pingin yg cepet aja. Tapi klo yg mau download library dari w3cnya bisa menuju kesini, http://validator.w3.org/docs/install.html . Cara install nya juga ada kok.

HTML Validator ScreenshootKembali ke HTML Validator. Fitur2nya apa aja? ya itu tadi, kita bisa ngecek apakah website yang sedang kita bangun sudah valid atau belum XHTMLnya. Kenapa harus XHTML valid? jawaban paling simple adalah supaya website yang kita bikin bisa terbaca oleh browser apapun, pada device apapun (komputer,pda,hp,etc). beberapa syarat dari format XHTML standar adalah semua tag harus ditutup, tidak boleh ada huruf besar didalam tag, dan masih banyak lagi. Saya juga gak hapal satu2. Sambil belajar juga sih… Add Ons ini merupakan punyanya Mozilla Firefox, jadi ya kita harus pake firefox dong. Download firefox disini.

Di halaman download validator tadi ada Screenshootnya. Kita bisa melihat apakah website kita sudah standar / belum di taskbar bagian kanan bawah browser firefox kita.

Cheers, semoga berguna buat web2 developer yg belum ngeh untuk men-standarkan Websitenya.

Categories: Web
  1. February 21, 2008 at 3:36 am

    Terima kasih infonya, Mas!πŸ˜€
    Sudah saya coba. Hehehe.. alhamdulillah lebih praktis, ga perlu online. Setelah dicoba, situs saya banyak ga validnya juga.

  2. February 21, 2008 at 3:39 am

    ^_^ sama2…

    emang harus ngeluarin sedikit effort biar web kita valid W3C..πŸ˜€

  3. November 6, 2008 at 12:59 am

    iya, pake kode sumber yg w3c punya lbh ribetπŸ˜€ mumpung ada fx, ya tinggal instal aja..

  4. October 23, 2009 at 7:29 am

    Ini yang lagi aq butuhkan trims bro

    • October 26, 2009 at 2:51 am

      ok. sama2 ya.. semoga bermanfaat.

  5. rey
    February 2, 2010 at 2:21 am

    mau tanya nih gimana cara memvalidasinya setelah tau tau web kita banyak yang ga valid, maklum mas baru…

    • February 4, 2010 at 3:05 am

      kalau sudah tau web qt ga valid n emg bener2 mw ngikutin standar w3c qt tingal ngikutin kaidah2 nge-TAG yg baik. contoh: img src="blabla.jpg" <—– ini ga ada atribut alt="title gambar" bakalah di salahin

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: